Rabu, 10 Desember 2014

Distributor Mainan Kayu Murah Perlu Mengedepankan Produk Lokal

Tidak bisa dipungkiri bahwa jumlah mainan yang beredar di pasaran lokal dalam negeri Indonesia sangatlah gencar, dan bersifat membanjiri lahan pemasaran kita. Dan produk impor pun hampir 80% menguasai seperti dari Cina, Taiwan, Malaysia hingga Amerika

Hal ini menjadi keprihatinan tersendiri bagi pengusaha lokal Indonesia. Kebanyakan distributormainan kayu murah masih memikirkan untuk selalu impor dan impor saja. Alasan mereka teramat klise; produk lokal masih sulit bersaing karena harga mahal dan kualitas jauuuh banget dari produk semisal dari China.

Memang benar sih bahwa distributor hanya mencari lekuk pasar dan mencari bahan mainan yang selalu baru, namun setidaknya pemberian porsi pasar lebih besar kepada produk lokal perlu dilakukan dengan sengaja dan terorganisir agar bisa saling mengangkat kesejahteraan pengusaha.

Hubungan timbal balik untuk saling mengkritik perlu dilakukan utamanya pelaku distributor mainan kayu murah yang rata rata berada di Jakarta dan Surabaya hingga Medan. Distributor ini dianggap sebagai tulang punggung pemasaran yang paling tahu apa yang tren dan akan tren. Selain itu juga tahu prospek  bentuk mainan kayu yang bakalan disukai dan tenar.

Membanjirnyaimpor mainan kayu atau plastik dari luar negeri tentu tak lepas dari peran distributor yang sudah lama melekat berhubungan dengan produsen dari luar negeri.


Sebenarnya produk lokal tidak pernah kalah lho dalam bersaing, coba saja lihat contoh sederhana anak SMP atau SMA yang sangat kreatif mempreteli sepeda motornya hingga sesuai keinginannya dan bisa tampil kece. Itu suatu bukti kecil bahwa orang Indonesia sangat kreatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar